Gaya Hidup Modern Menjadi Bukti Keseimbangan di Era Digital

Gaya Hidup Modern Menjadi Bukti Keseimbangan di Era Digital sekarang ini merupakan salah satu pengaruh dari perkembangan teknologi. Bahkan dalam beberapa dekade terakhir ini terdapat perubahan yang signifikan. Terdapat banyak aspek dalam kehidupan sehari-hari yang terpengaruh oleh era digital.

Seperti halnya cara kita berkomunikasi, berbelanja, mengisi waktu luang atau santai dan bekerja. Menyadari bahwa dunia saat ini sudah terkoneksi secara digital maka penting sekali mencari keseimbangan dalam gaya hidup. Karena dengan demikian itu dapat membantu kita terhindar dari kesalahan, isolasi sosial dan stres.

Karena pada kenyataannya menggunakan teknologi secara berlebihan juga tidak baik. Oleh sebab itu, mengambil langkah-langkah sederhana supaya bisa tetap terhubung dengan dunia nyata, tentunya kita harus bisa menjalani gaya hidup modern lebih sehat dan bahagia.

Gaya Hidup Modern Menjadi Bukti Keseimbangan di Era Digital

Gaya Hidup Modern Menjadi Bukti Keseimbangan

Gaya Hidup Modern Menjadi Bukti Keseimbangan di Era Digital. Pada kenyataannya kehadiran media sosial dan aplikasi chatting atau pesan sudah mengubah cara kita melakukan interaksi. Walaupun teknologi tersebut memungkinkan kita untuk tetap terhubung dengan keluarga ataupun teman, tapi terdapat resikonya yang jarang kita sadari. Yakni terisolasi di tengah keramaian yang sebenarnya.

Misalnya adalah kita merupakan seseorang yang lebih memilih melakukan segala sesuatu dalam kehidupan sehari-hari dengan memanfaatkan teknologi. Hal itu akan berdampak kurangnya komunikasi dengan tetangga sekitar. Jadi, penting sekali terus berusaha untuk menjaga keseimbangan antara interaksi offline dan online. Dalam hal ini, menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga tercinta tanpa ada gangguan dari teknologi.

WFH

Tidak hanya komunikasi dan hubungan digital saja yang menjadi bukti keseimbangan gaya hidup modern di era teknologi saat ini. Karena kerja dari rumah atau WFH juga sudah pernah kita lakukan. Benar, hal tersebut terjadi pada tahun 2019 ketika Indonesia dilanda covid-19. Sekalipun menciptakan fleksibilitas yang begitu luar biasa, akan tetapi bekerja dari rumah dapat memberikan tantangan tersendiri.

Salah satunya adalah memisahkan antara pekerjaan dan waktu pribadi. Sebab banyak terjadi, mereka yang melakukan kerja dari rumah hanya fokus pada pekerjaannya saja. Bahkan mereka rela menghabiskan waktu 1×24 jam untuk bekerja. Di satu sisi hal tersebut memberikan keuntungan berupa pencapaian target kerja. Namun cobalah untuk menjaga keseimbangan cara mengatur jadwal kerja dan luangkan waktu bersantai bersama keluarga.

Belanja Online

Nyatanya aktivitas belanja online juga menjadi salah satu gaya hidup modern yang terjadi saat ini. Adanya pilihan berupa belanja online memberikan kenyamanan tersendiri bagi banyak orang. Bahkan saat ini kebanyakan dari kita memilih untuk berbelanja secara online daripada datang langsung ke supermarket, pasar ataupun mall.

Tapi hal penting yang harus selalu kita ingat adalah lakukan hal tersebut dengan seimbang. Karena konsumsi berlebihan dapat menyebabkan stres dan masalah keuangan lain. Jadilah orang yang bijak dalam berbelanja dan mempertimbangkan kebutuhan primer.

Kesehatan dan Olahraga

Karena olahraga itu tidak melulu harus lari mengelilingi kompleks atau lapangan. Gaya hidup modern seperti sekarang ini nyatanya membuat kita bisa berolahraga tanpa keluar dari rumah. Misalnya ada olahraga yoga.

Terkadang kita lebih memilih nonton video YouTube kemudian dipraktekkan. Bisa juga olahraga senam sendiri dengan cara memutar video. Tapi bagi yang suka olahraga lari, saat ini terdapat jam yang memiliki fitur untuk membantu kita mengetahui seberapa jauh jarak yang sudah ditempuh, ada juga fitur untuk mengetahui detak jantung.

Kita juga bisa memenuhi kebutuhan hidup sehat dengan melakukan belanja sayuran secara online. Saat ini juga terdapat banyak layanan yang bisa kita manfaatkan untuk belanja online secara instan. Biasanya setelah melakukan pemesanan, kita hanya harus menunggu beberapa menit saja. Sekitar 10-15 menit, maka pesanan sayur yang kita beli akan segera tiba.

Quality Time

Memberikan waktu untuk diri sendiri merupakan salah satu bentuk dalam cara gaya hidup modern. Istilah tersebut menjadi familiar karena semakin banyak orang yang menyadarinya. Terlebih di kalangan kawula muda. Contohnya saja, mereka yang sudah sehari atau seminggu kerja harus menyisihkan waktu untuk diri sendiri atau quality time. Biasanya quality time berupa pergi ke salon, healing atau yang lainnya.

Mungkin setiap orang memiliki gaya quality time yang berbeda. Perubahan gaya hidup modern tidak hanya memunculkan istilah quality time saja. Tetapi juga self reward. Apa itu self reward? Yaitu sebuah penghargaan terhadapdiri sendiri. Penghargaan tersebut akan diberikan ketika mereka sudah selesai dalam mengerjakan tugas kuliah, skripsi, target kerja dan masih banyak lagi.

Biasanya juga bentuk penghargaan berbeda-beda. Ada yang berupa barang kebutuhan. Padahal uang yang mereka gunakan uang diri sendiri. Tapi siapa sangka kedua istilah tersebut berpengaruh dalam kelangsungan hidup pada saat ini.

Bentuk tanggap dan melek teknologi yang terjadi dalam kehidupan sekarang ini, juga menjadi bukti bahwa manusia mengikuti perkembangan zaman berupa gaya hidup modern. Semakin hari mereka terus mengikuti perkembangan zaman yang ada bukan hanya sekedar menggunakan teknologi saja. Mereka juga tidak memilih untuk tetap melakukan gaya hidup pada zaman dahulu.

Penggunaan teknologi yang ada merupakan bukti keseimbangan di era teknologi seperti sekarang ini. Namun dalam penerapannya, kita harus tetap melakukan pembatasan. Tujuannya adalah, agar interaksi secara langsung kepada sanak saudara ataupun tetangga tetap terjalin. Penggunaan teknologi saat ini nyatanya juga bergantung kepada koneksi internet. Bukan tidak mungkin jika nantinya dalam penggunaan teknologi koneksi internetnya terputus karena suatu masalah. Sehingga membuat kita tidak bisa menggunakan teknologi secara maksimal baik untuk berbelanja online, melakukan interaksi jarak jauh dan lainnya.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *